Powered By Blogger

Senin, 29 Oktober 2012


          OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group. OpenGL  bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
1.     Membuat garis horizontal.

Dalam membuat sebuah garis dalam openGL, kita membutuhkan dua buah titik yang akan di hubungkan oleh garis tersebut. Dua buah titik ini kita tentukan dengan menggunakan titik koordinat (x,y). lihat koding di bawah ini.

glCleaarColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Maksudnya adalah warna dari latar belakang program yang akan kita buat berdasarkan dari warna RGB (red,green,blue) yang di wakilkan dengan titik koordinat. Karena pada koding di atas berisi 0,0 semua, maka warna latar belakangnya adalah hitam.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Maksudnya adalah untuk menghapus window dan member warna yang telah kita definisikan sebelumnya dengan menggunakan glCleanColor.
glCleanColor(1,1,1,0);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna latar pada garis berdaraskan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glColor3f(1,1,1);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna pada garis berdasarkan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glBegin(GL_LINES);
Maksudnya adalah sebagai pembuka untuk menyatakan ke pada program bahwa kita ingin menggambar sebuah garis.
glVertex3f(-0.6f,0.0f,0.0f);
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f);
Maksudnya adalah koding di atas untuk membuat sebuah titik koordinat (x,y) yang akan di hubungkan oleh sebuah garis. Serta maksud dari 3f dan f di belakang titik koordinatnya adalah untuk menyatakan nilai satuan float.
glEnd();
Maksudnya adalah untuk mengakhiri dari menggambar titik.
Hasilnya :


2.      Membuat Garis Vertikal.

Dalam membuat sebuah garis dalam openGL, kita membutuhkan dua buah titik yang akan di hubungkan oleh garis tersebut. Dua buah titik ini kita tentukan dengan menggunakan titik koordinat (x,y). lihat koding di bawah ini.

glCleaarColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Maksudnya adalah warna dari latar belakang program yang akan kita buat berdasarkan dari warna RGB (red,green,blue) yang di wakilkan dengan titik koordinat. Karena pada koding di atas berisi 0,0 semua, maka warna latar belakangnya adalah hitam.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Maksudnya adalah untuk menghapus window dan member warna yang telah kita definisikan sebelumnya dengan menggunakan glCleanColor.
glCleanColor(1,1,1,0);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna latar pada garis berdaraskan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glColor3f(1,1,1);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna pada garis berdasarkan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glBegin(GL_LINES);
Maksudnya adalah sebagai pembuka untuk menyatakan ke pada program bahwa kita ingin menggambar sebuah garis.
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
Maksudnya adalah koding di atas untuk membuat sebuah titik koordinat (x,y) yang akan di hubungkan oleh sebuah garis. Serta maksud dari 3f  di belakang angka 3 adalah untuk menyatakan nilai satuan float.
glEnd();
Maksudnya adalah untuk mengakhiri dari menggambar titik.
Hasilnya :


3.      Menggambar Garis Diagonal.    

Dalam membuat sebuah garis dalam openGL, kita membutuhkan dua buah titik yang akan di hubungkan oleh garis tersebut. Dua buah titik ini kita tentukan dengan menggunakan titik koordinat (x,y). lihat koding di bawah ini.


glCleaarColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Maksudnya adalah warna dari latar belakang program yang akan kita buat berdasarkan dari warna RGB (red,green,blue) yang di wakilkan dengan titik koordinat. Karena pada koding di atas berisi 0,0 semua, maka warna latar belakangnya adalah hitam.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Maksudnya adalah untuk menghapus window dan member warna yang telah kita definisikan sebelumnya dengan menggunakan glCleanColor.
glCleanColor(1,1,1,0);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna latar pada garis berdaraskan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glColor3f(1,1,1);
Maksudnya adalah untuk memberikan warna pada garis berdasarkan pada koordinat RGB. Pada koding di atas, warna yang di gunakan adalah warna putih.
glBegin(GL_LINES);
Maksudnya adalah sebagai pembuka untuk menyatakan ke pada program bahwa kita ingin menggambar sebuah garis.
glVertex3f(10.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
Maksudnya adalah koding di atas untuk membuat sebuah titik koordinat (x,y) yang akan di hubungkan oleh sebuah garis. Serta maksud dari 3f  di belakang angka 3 adalah untuk menyatakan nilai satuan float.
glEnd();
Maksudnya adalah untuk mengakhiri dari menggambar titik.
Hasilnya :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar