Powered By Blogger

Rabu, 05 Oktober 2011

TUGAS MINGGU PERTAMA TEORI ORGANISASI UMUM


ORGANISASI DAN MANAJEMENT

Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Fungsi-Fungsi Manajement Menurut Para Ahli

1. George R. Ferry
-planning (perencanaan).
-organizing (pengorganisasian).
-controling (pengawasan).
-activating (perencanaan).

2. Henry Fayol
-planningg (perencanaan).
-organizing (pengorganisasian).
-commanding (pengkomandoan).
-coordinating (pengkoordinasian).
-controling (pengawasan).

3. Luther Gullick
-planning (perencanaan).
-organizing (pengorganisasian).
-staffing (pempabian kerja).
-directing (pengkomandoan).
-coordinating (pengkoordinasian).
-repoting (pembuatan laporan).
-controling (pengawasan).

4. Ernest Dale
-planning (perencanaan).
-organizing (pengorganisasian).
-staffing (pembagian kerja).
-directing (pengkomandoan).
-innovating (pembaharuan).
-reprasenting (kesamaan dalam pengerjaan tugas).
-controling (pengawasan).

CONTOH BAGAN STRUKTUR ORGANISASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar