Powered By Blogger

Senin, 29 Oktober 2012


          OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group. OpenGL  bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).

1.      Membuat garis horizontal.

Dalam membuat sebuah garis dalam openGL, kita membutuhkan dua buah titik yang akan di hubungkan oleh garis tersebut. Dua buah titik ini kita tentukan dengan menggunakan titik koordinat (x,y). lihat koding di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar