OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang
mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi
yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari
250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga
dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL
dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara
luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi
informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game,
di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL
Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu
Khronos Group. OpenGL bersifat open
source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada
berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.OpenGL bukanlah bahasa
pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
1. Membuat
garis horizontal.
Dalam membuat
sebuah garis dalam openGL, kita membutuhkan dua buah titik yang akan di
hubungkan oleh garis tersebut. Dua buah titik ini kita tentukan dengan
menggunakan titik koordinat (x,y). lihat koding di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar